Type Here to Get Search Results !

Videos

Terjemah Kitab Durrotun Nashihin

Download Terjemah Kitab Durrotun Nashihin

 

Kitab Durratun Nāshihīn adalah salah satu kitab yang menyajikan tentang nasehat-nasehat, peringatan, cerita-cerita menarik, hikayat dan penjelasan hukum.

Nama kitab Durratun Nāshihīn bermakna Mutiara para juru nasehat. Yang mana dalam muqodimah kitab ini disebutkan sekilas riwayat hidup pengarangnya.

Pngarang Kitab Durratun Nāshihīn adalah Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khaubawi (1224 M). 

Beliau merupakan seorang ulama yang hidup pada abad ke-18 H, yang kemudian menetap di sebuah kota besar yang disebut dengan Konstatinopel (Istambul, Turki).

Secara garis besar, itab Durratun Nāshihīn berisikan tentang nasehat yang disampaikan dalam bentuk pengajaran.

Sementara itu pengarang sangat memahami bahwa nasehat itu disukai oleh para pelajar dan guru dikalangan masyarakat laksana lampu-lampu terang dikegelapan malam dan juga disukai oleh para ulama yang dimuliakan di dalam menjaga sumber ilmu pengetahuan.

Akan tetapi nasehat itu tidak teratur sebagaimana susunan Al-Qur’an, melihat kenyataan ini tergugahlah hati Utsman untuk menulis nasehat-nasehat itu dan memperbaiki kesalahan-kesalahannya dengan mohon pertolongan kepada Allah SWT.

Disisi lain, ada pula ulama yang melakukan kritisi dan penilaian terhadap hadits-hadits yang tercantum dalam kitab tersebut. Salah satunya datang dari KH. Hasyim Asy'ari.

Hingga dalam sebuah wasiat dari KH Hasyim Asy’ari khusus kepada santri Tebuireng yaitu agar murid-muridnya tidak mempelajari atau mengajarkan kitab Durratun Nasihin kecuali apabila mampu menjelaskan hadis-hadis lemah dan palsu yang ada di dalamnya.

Download

Terjemah Kitab Durrotun Nashihin

Berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat, dengan mengeklik tautan di bawah ini Terima kasih.
Klik Donasi جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies